Private Blog Network : Cara Membuat Jaringan Blog Pribadi

Panduan Membuat Private Blog Network Lengkap, Mudah Dan Murah

Apakah ingin membuat private blog network (jaringan blog sendiri) untuk mengoptimasi situs?

Sudah habis banyak dana, waktu dan tenaga untuk membacklink situs namun tidak memperoleh posisi rangking yang diinginkan?

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat jaringan blog pribadi atau biasa disebut PBN secara lengkap dengan mudah dan biaya yang murah.

Isi dari panduan cara membuat private blog network dengan mudah dan murah di situs ini merupakan gabungan / rangkuman dari berbagai situs pakar SEO khususnya pakar dalam membuat jaringan blog pribadi atau PBN, yang saya pelajari dan terapkan.

Private Blog Network merupakan salah satu strategi offpage SEO yang cukup ampuh dan powerful untuk mengoptimasi situs. Teknik ini banyak digunakan situs-situs besar untuk merangking situs mereka agar menjadi nomor 1 di pencarian search engine.

Informasi penting yang perlu saya katakan dengan jujur adalah, search engine dalam hal ini Google sangat tidak menyukai teknik SEO menggunakan Private Blog Network ini karena melanggar pedoman webmaster yang telah mereka buat.

Jika situs Anda ketahuan menggunakan cara ini maka dapat dipastikan situs Anda akan kena hukuman dari Google. Menyeramkan bukan? Jadi, masih mau lanjut?

private blog network berbahaya

WARNING : Postingan ini khusus bagi yang memiliki nyali besar dan mau bersungguh-sungguh melakukannya!
(kayaknya hiperbola banget 😀 )

Resiko yang saya katakan adalah nyata, karena sudah banyak PBN yang di deindex oleh Google serta situs yang ketahuan menggunakan PBN pun mendapatkan “tendangan” penalti.

Menggunakan private blog network (PBN) dalam mengoptimasi website memang beresiko tinggi, tetapi resiko yang ada SEBANDING dengan hasil yang bisa didapat jika dibuat dengan benar!

Saya menyarankan Anda membaca panduan ini dengan penuh konsentrasi tetapi rileks, siapkan kopi serta snack kesukaan Anda!

kopi panas untuk buat PBN

Private blog network – PBN yang dibuat dengan sungguh-sungguh serta terlihat natural akan memberikan dampak yang luar biasa bagi posisi rangking situs Anda.

Bukan hanya rangking yang akan naik, tetapi juga situs Anda akan bertahan pada posisi yang bagus.

Alasan menggunakan PBN dalam mengoptimasi situs adalah :

  • Biaya terjangkau.
  • Powerful – Sangat ampuh hingga saat ini.
  • Dapat mengontrol backlink.
  • Mendapatkan link yang tidak didapatkan oleh kompetitor.
  • Tidak membutuhkan software-software SEO.

Diluar sana Anda bisa menemukan layanan jasa pembuatan private blog network dengan harga bervariasi, dan yang saya ketahui minimal pembuatan PBN berkisar $60 sampai $100 per blog bahkan bisa lebih.

Jadi jika Anda mau membuat 10 jaringan blog pribadi maka dibutuhkan modal minimal $600 sampai $1000. Saya rasa itupun bukan akhir segalanya karena saya yakin akan ada biaya bulanan untuk maintenance, jadi secara total bisa lebih dari harga yang sudah saya sebutkan.

Buat Anda yang memiliki modal besar, tidak mau repot atau tidak memiliki waktu untuk membuat PBN bisa berhenti membaca sampai disini dan mulai mencari penyedia layanan tersebut. Karena saya belum membuka jasa pembuatan private blog network untuk saat ini.

Sorry bukan ngusir tetapi saya tidak ingin membuang waktu Anda yang berharga 🙂 .

Saya pribadi memilih membuatnya sendiri dengan alasan :

  • Biaya lebih murah.
  • Dapat menentukan kualitas PBN sendiri.
  • Mendapatkan ilmu dari “trial and error” yang saya alami (ini yang saya incar).
  • Saya bisa membuat private blog network untuk situs saya dengan jumlah lebih banyak dengan budget kecil dibanding menggunakan jasa.
  • Saya memiliki banyak waktu untuk melakukannya hehehe..

Cara Membuat Private Blog Network Dibagi Menjadi 5 Bagian + 1 BONUS Cara Maintenance PBN.

Bagian 1. Mendapatkan expired domain yang berkualitas.

Mendapatkan expired domain menjadi poin nomor satu dan merupakan persiapan yang penting, apabila Anda salah dan asal dalam memilih expired domain maka sia-sia lah pekerjaan, waktu serta dana yang telah anda keluarkan!

Menggunakan domain yang sudah kadaluarsa untuk jaringan blog sangatlah bagus, karena :
– Expired domain telah memiliki usia dibandingkan domain baru.
– Expired domain memiliki authority yang tinggi dibandingkan fresh domain.
– Expired domain memiliki backlink.

Untuk mendapatkan expired domain yang berkualitas Anda bisa mencarinya secara gratis di Expired Domains.

expired domains untuk private blog network

Disana setiap harinya terdapat ribuan domain yang akan expired / kadaluarsa, namun tidak semua bisa digunakan untuk membuat jaringan blog pribadi. Anda harus melakukan seleksi yang ketat sebelum mendaftarkannya.

Panduan dalam memilih expired domain bisa Anda baca pada postingan berikutnya dan wajib dibaca bagi yang serius membuat PBN sendiri, karena banyak hal detail yang harus dijelaskan untuk mendapatkan domain yang benar-benar berkualitas dan baik digunakan untuk jaringan Anda.

Bagian 2. Mendaftarkan expired domain.

Jika Anda berniat membuat 10 blog network maka Anda harus mendapatkan 10 expired domain yang berkualitas, setelah mendapatkannya Anda harus mendaftarkannya pada registrar favorit Anda.

Jangan mendaftarkan 10 domain dalam waktu / tanggal yang sama dan pada registrar yang sama!

Saya pribadi sehari hanya mendaftarkan 1 domain saja, contoh :

Hari 1 : Daftar expired domain ke-1 pada registrar A.

Hari 2 : Daftar expired domain ke-2 pada registrar B.

Hari 3 : Ngopi dulu Gan 😀 sambil berburu expired domain lagi jika dirasa jumlahnya masih kurang dari yang diinginkan, atau membuat artikel “About Us” 300-500 kata untuk salah satu PBN yang belum ada “Halaman About Us” / buat atau pesan logo, buat akun di registrar / web host, dll.

Hari 4 : Daftar expired domain ke-3 pada registrar C.

Dan seterusnya.

Silahkan gunakan strategi Anda sendiri, yang penting acak, tidak harus mengikuti cara saya.

Pertanyaan :
Berarti saya harus mendaftar di 10 registrar yang berbeda?

Jawaban :
Ya jika Anda mau, hal ini sangat bagus untuk meminimalisir footprints (jejak).

Jika Anda tidak mau atau hal tersebut merepotkan, Anda bisa saja menggunakan 3 registrar saja untuk PBN Anda dengan memberikan whois guard / private registration pada semua domain.

Tanpa whois guard, private blog network Anda akan dengan mudah terdeteksi oleh Google, karena terlihat satu orang memiliki banyak domain / blog.

Saya pribadi menggunakan 8 registrar untuk 25 PBN milik saya. Dari 25 domain tersebut tidak semua saya berikan whois guard namun dengan data yang berbeda dan palsu, ada juga yang menggunakan whois guard.

Sehingga PBN terlihat natural (tidak terlihat dimiliki oleh 1 orang) Anda bisa membuat data palsu untuk domain-domain Anda menggunakan fakenamegenerator.com.

Bagian 3. Hosting situs.

Setelah Anda telah mendapatkan domain kadaluarsa (expired domain) yang diinginkan, Anda harus menghostingnya agar menjadi situs yang hidup.

Cara Pertama.

Jangan menggunakan SEO hosting untuk jaringan Anda!

SEO hosting memang memberikan kemudahan dalam memanage banyak situs serta berbiaya cukup murah tetapi SEO hosting meninggalkan footprints yang besar bagi PBN. Karena name server yang tertera dari 1 web hosting!

Sedikit saja Anda meninggalkan jejak, maka resiko “alarm Google untuk bunyi” semakin besar!

Pertanyaan :
– Bagaimana jika memiliki atau ingin membuat 10 blog network?
– Apakah harus menghostingnya satu per satu pada web hosting yang berbeda?
– Jadi harus mendaftar di 10 web hosting?

Jawaban :
Yup.. Kalau Anda ingin jaringan blog Anda “bersih” tidak meninggalkan footprints, Anda harus melakukan hal tersebut!

1 hari mendaftar di 1 web hosting yang hanya memakan waktu beberapa menit atau maksimal 1 jam, maka dalam 10 hari (total 10 jam) Anda telah selesai mengerjakan bagian ini.

Ada begitu banyak web hosting yang menyediakan jasa shared hosting berkualitas yang murah kisaran $1-$2 per bulannya jika Anda mau berusaha mencarinya.

Beberapa web host yang menjadi rekomendasi saya :
name.com
justhost.com
namecheap.com
namepal.com
warnahost.com
prosolusindo.com
rumahweb.com

Anda harus membuat catatan pribadi pada excel (jangan menggunakan Google Sheet) untuk mencatat data-data seperti username, password dan email agar Anda mudah memanage PBN milik Anda.

SEKILAS INFO

Saya sangat menghindari produk-produk Google dalam mengerjakan private blog network seperti :

Chrome : Beberapa orang mengatakan bahwa Google dapat melihat aktivitas yang pernah kita lakukan menggunakan browser miliknya ini ketika melakukan manual review!

Entah benar atau tidak, namun saya sendiri lebih suka menggunakan Firefox ketika membuat dan memanage private blog network.

Gmail : Saya pun menghindari menggunakan email besutan Google ini dalam melakukan pendaftaran pada registrar atau web host untuk keperluan PBN.

Google Webmaster & Google Analytic : Saya tidak menggunakan kedua tools Google ini untuk blog network (tidak termasuk money site).

Ada beberapa orang mengatakan tidak masalah apabila PBN menggunakan kedua tools Google ini karena seperti ada pepatah “tempat persembunyian yang aman adalah bersembunyi di depan mata”.

Kalau dipikir betul juga seh, hanya saja jangan memasukkan semua PBN dalam 1 akun webmaster dan jangan login dari 1 IP.

Namun tetap saja bagi saya hal ini beresiko tinggi dan tidak “worth it” dengan manfaatnya.

Bila Anda ingin memantau traffic dan lainnya bisa menggunakan tools lain diluar produk Google seperti histats, dll.

Tetap lakukan secara acak, jangan semua PBN dipasangin histats, gunakan tool lain yang serupa.

Google Drive, Sheets, Docs dan lainnya pun tidak saya gunakan dalam membangun private blog network.

Pilihan di tangan Anda! 🙂

Cara Kedua.

Jika cara pertama terlalu konyol Anda bisa mencoba cara kedua yaitu dengan cara menggunakan CDN (Content Delivery Network) seperti Cloudflare (gratis).

Anda bisa memilih salah satu web hosting yang memiliki performa bagus serta paket hosting yang mengijinkan banyak domain untuk di hosting dalam satu paket.

Setelah itu Anda bisa menghosting semua domain PBN disana.

Pertanyaan :
Kalau begitu artinya 10 PBN memiliki alamat IP serta name server yang sama donk? Bukankah itu footprints?

Jawaban :
Ya, itulah gunanya menggunakan CDN. Anda bisa menggunakan Cloudflare pada setiap domain Anda untuk menutupi alamat IP server dan name server asli serta mendapatkan IP yang berbeda antara satu domain dengan domain lainnya.

Cara kedua ini sebenarnya meninggalkan sedikit footprints karena terlihat semua jaringan blog pribadi Anda menggunakan Cloudflare namun masih bisa digunakan.

Hal ini masih sedikit tertutupi karena ada ribuan bahkan mungkin jutaan situs yang menggunakan cloudflare sehingga agak sulit untuk dilacak.

Jika Anda memiliki budget lebih dan bersedia mengeluarkan dana tambahan untuk meminimalisir footprints, Anda bisa menggunakan CDN berbayar seperti beberapa yang saya tahu :

incapsula.com
swarmcdn.com
cdn.net
akamai.com
maxcdn.com
aws.amazon.com/cloudfront

Tetapi jangan tanya sama saya tipe-tipe CDN yang bisa / cocok buat private blog network ya, karena jujur saja saya belum memahami secara mendalam tentang CDN dan saya pun tidak menggunakan cara kedua ini untuk semua PBN milik saya.

Cara Ketiga.

Menggunakan pihak ketiga untuk menghosting semua PBN. Untuk saat ini pihak ketiga yang saya ketahui berkualitas dan masih saya gunakan hingga saat ini adalah Easy Blog Networks.

Untuk saya pribadi Easy Blog Networks sangat membantu dan membuat masalah penghostingan serta penyettingan PBN menjadi lebih mudah, simpel dan murah.

Namun kekurangannya kita tidak dapat mengakses cpanel untuk mengedit .htaccess yang bisa berfungsi untuk memblock spider bot (sehingga hal ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan plugin) serta beberapa hal lainnya yang membutuhkan cpanel.

Tetapi secara garis besar fasilitas Easy Blog Networks sudah cukup untuk membuat PBN yang zero footprints dan saya puas dengan layanan yang diberikan Easy Blog Networks.

Dari tiga cara hosting yang telah dijelaskan, saya menggunakan kombinasi cara pertama dan cara ketiga untuk menghosting semua jaringan blog saya.

Block Spider Bots (Crawler) Agar PBN Tetap Private / Rahasia

block spider bots agar PBN tetap private

Memblock spider bots (crawler) adalah salah satu yang perlu dilakukan jika Anda membangun PBN.

Robot Spider yang di block adalah robot-robot dari tools SEO seperti ahrefs, majestic, dll.

Bukan robot search engine yang diblock, jika Anda memblock bots dari search engine maka private blog network Anda tidak akan pernah terindex dan authority dari PBN pun tidak akan mengalir ke money site.

Fungsi dari memblock bots yang ada adalah menyembunyikan jaringan blog Anda dari kompetitor.

Anda bisa memblock spider bots dengan 3 cara berikut, silahkan pilih salah satu, atau menggunakan semua secara acak pada masing-masing blog network.

1. Mengedit .htaccess dengan script ini :

SetEnvIfNoCase User-Agent .*rogerbot.* bad_bot
SetEnvIfNoCase User-Agent .*exabot.* bad_bot
SetEnvIfNoCase User-Agent .*mj12bot.* bad_bot
SetEnvIfNoCase User-Agent .*dotbot.* bad_bot
SetEnvIfNoCase User-Agent .*gigabot.* bad_bot
SetEnvIfNoCase User-Agent .*ahrefsbot.* bad_bot
SetEnvIfNoCase User-Agent .*sitebot.* bad_bot
<Limit GET POST HEAD>
Order Allow,Deny
Allow from all
Deny from env=bad_bot
</Limit>​

2. Mengedit robot.txt :

User-agent: msnbot
Disallow:
User-agent: Slurp
Disallow:
User-agent: Teoma
Disallow:
User-agent: rogerbot
Disallow: /
User-agent: exabot
Disallow: /
User-agent: MJ12bot
Disallow: /
User-agent: dotbot
Disallow: /
User-agent: gigabot
Disallow: /
User-agent: AhrefsBot
Disallow: /

User-agent: *

Disallow: /

Update : Anda bisa menambahkan sendiri user agent lainnya dengan melihat nama-nama user agent (crawler) di botopedia.org.

3. Menggunakan plugin :

  1. Link Privacy (gratis)
  2. Spider Blocker (gratis)
  3. Spyder Spanker (premium)

Bagian 4. Kostumisasi / setting setiap situs / blog.

A. Instal CMS (Content Management System) yang diinginkan, saya pribadi menggunakan WordPress pada semua PBN milik saya karena saya hanya menguasai WordPress dan belum mempelajari CMS lainnya seperti Joomla dan masih banyak CMS lainnya.

Kalau Anda menguasai CMS lain selain WordPress akan jauh lebih baik menginstal CMS yang berbeda pada setiap blog network.

Jangan membuat username, nama dan password yang sama pada setiap situs blog Anda.

Ini berguna untuk meminimalisir hacker pada jaringan Anda serta untuk menghindari review manual.

B. Gunakan theme / template yang berbeda-beda pada setiap blog. Anda bisa membiarkan atau mengedit atau menghapus bagian footer (optional).

C. Buat halaman “legal / justification” pada setiap private blog seperti :

  • About Us (about-us, tentang-saya, about-me, profil, dll)
  • Privacy Policy (privacy-policy, privacy, policy, kebijakan, dll)
  • Contact Us (contact-us, hubungi-saya, kontak-kami, dll)
  • Terms of Use (terms-of-use, syarat-ketentuan, ketentuan, dll)

Buat hal ini secara acak dan sealami mungkin.

Untuk privacy policy Anda bisa menggunakan generator yang ada di internet secara gratis.

Note : Kalau Anda membuat privacy policy menggunakan generator pastikan untuk mensetting halaman privacy policy tersebut dengan noindex dan nofollow.

D. Buatlah logo dan favicon pada masing-masing blog agar PBN Anda terlihat seperti situs pada umumnya dan bukan terlihat sebagai private blog network.

(optional : jika Anda jago design web maka tidak ada salah memperindah setiap blog dengan design yang berbeda-beda)

Anda bisa membeli di fiverr / seoclerck dengan harga $5 atau Anda juga bisa membuat sendiri menggunakan generator-generator logo / favicon yang tersedia secara gratis di jagat internet.

E. Setting permalink berbeda-beda setiap blog sesuai keinginan :
/%postname%/
/%day%/%postname%/
/%post_id%/%postname%/
/%category%/%postname%/
/%hour%/%postname%/
/%year%/%postname%/

F. Instal plugin.

SEO plugin :

  • Platinum SEO Pack
  • HeadSpace2
  • SEO Ultimate
  • WordPress SEO
  • All In One SEO Pack

Sitemap plugin :

  • Better WordPress Google XML Sitemaps
  • Google XML Sitemaps

Sosial Media plugin :

  • Share Buttons by AddToAny
  • Social Media Feather
  • Simple Share Buttons Adder

Contact form plugin :

  • Contact Bank Lite Edition
  • Contact Form Maker
  • Contact Form 7

Anda bisa menginstal plugin lain sesuka hati dan pastikan me-mix / mengacak plugin setiap blog. Jangan menginstal plugin dengan format yang sama pada semua jaringan blog!

Bagian 5. Mengisi konten / Artikel.

Sejujurnya ini adalah bagian dimana saya agak malas melakukannya. Pasalnya membuat artikel yang berkualitas membutuhkan konsentrasi penuh tanpa gangguan karena kita harus mencurahkan semua ide / pikiran kita mengenai topik yang akan dibahas serta penelitian yang harus dilakukan sebelumnya.

artikel berkualitas untuk blog network

Seperti hal nya ketika saya membuat artikel “Cara Membuat Private Blog Network Dengan Mudah Dan Murah” ini, dimana saya membuatnya di kantor saat waktu senggang dan kondisi kantor agak ramai dengan orang-orang yang seringkali mengobrol sehingga agak bising dan membuyarkan konsentrasi saya.

(jadi curhat hehehe… 😉 )

Terlebih lagi jika Anda memiliki 25 jaringan blog untuk 1 situs utama seperti saya, maka Anda harus membuat begitu banyak artikel.

Oleh sebab itu saya biasanya menggunakan jasa penulis artikel yang ada atau jika Anda mau bisa menyewa VA (Virtual Assistant).

Anda bisa mencari di pencarian Google “jasa penulis artikel” disana terdapat banyak sekali perorangan maupun perusahaan yang menyediakan layanan ini dengan harga terjangkau.

Poin 1. Artikel yang digunakan untuk PBN sebetulnya tidak harus berkualitas tinggi, namun jangan juga artikel sampah yang Anda masukkan ke dalam jaringan blog Anda dan lolos copyscape.

Jangan sampai konten dalam PBN tidak dapat dibaca, tidak berguna dan tidak dimengerti oleh pengunjung yang berkunjung ke situs blog network kita.

Perlakukan private blog network seperti Anda memperlakukan situs utama (money site)!

Poin 2. Jangan menggunakan artikel hasil spin pada PBN Anda!

Poin 3. Buatlah artikel yang seniche dengan situs utama Anda!

Jika situs Anda mengenai Jualan Baju, maka buatlah artikel tentang baju.
Contoh :

  1. Tips Menjual Baju Anak Agar Laku Keras!
  2. Cara Jualan Baju Untuk Ibu Hamil.
  3. Langkah Awal Membuka Usaha Jualan Baju.
  4. Dan Lainnya.

Poin 4. Buatlah artikel minimal 500 – 1000 kata. Postinglah secara acak pada masing-masing blog Anda agar terlihat natural, jangan semua blog Anda diposting dengan artikel 500 kata.
Anda bisa mensticky 1-2 artikel.

Poin 5. Buat heading, subheading dan poin-poin pada setiap postingan. Agar artikel mudah dan enak dibaca.
Contoh :

Title : Langkah Awal Membuka Usaha Jualan Baju
Heading (H1) : Cara membuka usaha jualan baju dengan modal kecil.
Subheading (H2) : Jualan baju adalah usaha yang menjanjikan.
Subheading (H3) : Kerja di rumah dengan berjualan baju.

Poin 6. Biasanya saya mengisi 1 PBN dengan 3-5 artikel (mix 500 kata – 1000 kata).

Poin 7. Jangan posting artikel secara bersamaan pada semua blog Anda, namun sesekali tidak masalah untuk memberikan variasi.
Contoh :

Saya memiliki 4 blog PBN, katakanlah blog A, blog B, blog C, dan blog D.

  • Hari ke-1 posting 1 artikel di blog A.
  • Hari ke-2 posting 1 artikel di blog B.
  • Hari ke-3 posting 2 artikel secara bersamaan di blog A dan blog C masing-masing 1 artikel.
  • Hari ke-4 tidak posting apapun dan di blog manapun.
    (Saya mengerjakan hal lainnya seperti buat artikel, mendesign logo dan favicon untuk private blog network.)
  • Hari ke-5 saya posting 1 artikel di blog D. Dan seterusnya.

Anda bisa mengacak sesuai dengan keinginan.

Hal ini agar blog terlihat alami dan meminimalisir footprints dari manual review.

Poin 8. Berikan 1-2 gambar dan atau video yang seniche.

Bagian 5a. Memberikan Link Ke Situs Utama.

Cara memberikan / menempatkan link ke money site dari private blog pun tidak sembarangan, agar PBN tetap efektif serta zero footprints. Simak poin-poin berikut :

  • Masing-masing blog pada jaringan Anda dapat memberikan 1 link (maksimal 2 link, tapi saya jarang melakukannya) sebagai backlink ke money site pada salah satu artikel yang relevan.
    Artinya, 1 jaringan blog (bisa terdiri dari beberapa PBN) hanya untuk 1 money site.

Pertanyaan :
Berarti jika punya 2 money site = 50 PBN ?

Jawaban :
Betul sekali!

  • Jangan hanya memberikan link ke homepage tetapi berikan juga link ke inner page (halaman bagian dalam seperti kategori atau halaman lainnya).
  • Jangan menempatkan link pada bagian footer atau sidebar private blog network!

Jangan menjual link private blog network!

Kecuali Anda membuatnya khusus untuk dijual dan bukan untuk money site milik Anda.

Dengan menjual backlink dari private blog network, maka secara langsung atau tidak langsung Anda sudah membongkar privacy jaringan blog Anda sendiri!

Berikan link ke money site pada postingan yang ke-2 atau ke-3 atau ke berapapun jangan pada postingan pertama disertai outbound link ke situs lain / situs authority yang se-niche seperti wikipedia grup, bbc, dan lain-lain, tetapi jangan ke situs kompetitor.

Gunakan berbagai variasi anchor text dan jangan bernafsu menggunakan anchor text keyword yang Anda targetkan pada semua atau sebagian besar PBN.

google penguin

Over optimization pada anchor text akan menyebabkan situs Anda menjadi target utama Penguin peliharaan Google!

Beberapa variasi anchor text yang saya gunakan :

  1. Brand name : Domainanda.com.
  2. Naked URL : http://www.domainanda.com.
  3. Generik : klik disini, kunjungi website, dll.
  4. Salah Eja : Salah eja atau salah ketik (typo) pada suatu artikel merupakan hal yang wajar selama tidak banyak, membuat link dengan anchor text yang salah eja membuat private blog Anda semakin terlihat alami.
    Saya sendiri membuat 1 link dengan anchor text yang salah sebanyak 1 dari 25 PBN.

    Perhatian : Salah eja / salah ketik yang dimaksud adalah pada anchor text bukan pada link / URL!

    Salah eja pada link / URL berakibat situs utama Anda tidak akan mendapatkan kekuatan dari PBN yang telah dibuat.

    Contoh :
    Situs tentang “Jualan Baju” dengan kata kunci yang ditargetkan “jualan baju murah”.
    Maka Anda bisa membuat 1 link dari salah satu private blog network dengan anchor text yang salah ejaan seperti : “jualan bajju murah”.

  5. Gambar : Memberikan link ke situs utama dari private blog network tidak selalu harus dalam berbentuk text, ada baiknya memberikan link sebanyak 1-2 dari PBN yang berbeda dalam bentuk gambar (image).
  6. Sinonim dan antonim : Walaupun situs tentang “jualan baju” namun sesekali bisa diberikan anchor text yang berlawanan (antonim) namun masih relevan dengan niche seperti “tempat membeli baju murah”.

Saya pribadi menggunakan anchor text sebanyak:

  1. 80% untuk branding name, naked URL, salah eja, gambar, sinonim / antonim dan generik untuk melink ke situs utama.
  2. 10% keyword yang ditargetkan.
  3. 10% long tail keyword.

Tambahan (optional).

Anda bisa memberikan tambahan sinyal sosmed (sosial media) pada setiap jaringan blog. Ada banyak jasa yang menyediakan layanan ini dengan murah, lakukan secara bertahap / berkala / drip feed.

Kalau Anda memiliki budget lebih atau mau melakukannya sendiri, Anda bisa memberikan backlink kepada private blog network milik Anda untuk menjaga bahkan meningkatkan kekuatan PBN.

Jangan membacklink PBN sembarangan dengan backlink sampah atau menggunakan software.

INGAT : Perlakukan PBN seperti Anda memperlakukan money site (situs utama)!

Untuk bagian membacklink blog network saya pribadi tidak melakukannya karena saya membuat private blog network dari expired domain yang telah memiliki backlink yang baik.

Oleh karena itu Anda wajib membaca cara mencari expired domain untuk PBN pada postingan berikutnya.

Dana yang dibutuhkan untuk membuat 10 PBN jika membuat sendiri dan mengikuti panduan ini :

  1. Expired domain : $11.48 / tahun (namecheap) pembulatan $12.
  2. Hosting : $1.6 / bulan (namecheap, beberapa web host menerapkan pembayaran per 6 bln / per tahun) pembulatan $2.
  3. Artikel : $5 / 1000 kata (Anda bisa mendapatkan yang lebih murah jika mau mencari dan negosiasi dengan jasa pembuatan artikel, bahkan Anda tidak perlu keluar biaya artikel jika mau buat sendiri).

Sub-Total :

  1. Expired Domain : $12 x 10 = $120 / tahun.
  2. Hosting : $2 x 10 = $20 / bulan.
  3. Artikel : $5 x 50 = $250.

TOTAL : $120 + $20 + $250 = $390.

Kita bulatkan saja jadi $400.

Note : Harga yang saya tampilkan mengambil harga termahal berdasarkan pengalaman saya sampai saat ini, harga sebenarnya bisa lebih murah jika Anda mau meluangkan waktu untuk mencari dan berusaha.

Perbandingan :

Biaya TERMAHAL pembuatan PBN sendiri sebanyak 10 blog ($400)
VS
Harga TERMURAH pembuatan PBN menggunakan jasa sebanyak 10 blog ($600).

Bagian BONUS. Maintenance private blog network.

  • Agar PBN Anda tetap fresh dan terlihat hidup, Anda bisa menambahkan 1 artikel per bulannya pada setiap blog.
  • Selalu login ke dalam wp-admin secara berkala untuk mengupdate plugin maupun theme.
  • Cek secara berkala apakah private blog network masih terindex dengan baik di Google.

Selamat mencoba dan semoga sukses selalu! 😉

Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca Panduan Cara Membuat Private Blog Network Lengkap, Mudah Dan Murah.

Jika Anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik yang membangun bisa Anda sampaikan melalui tempat komentar yang tersedia. Karena disini kita sama-sama belajar sambil menyeruput kopi hangat. Hmmm…nyummy.. 😀

secangkir kopi menemani belajar buat blog network

103 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *