Apa Itu Private Blog Network, Kenapa Menggunakan Expired Domains?

Apa itu private blog network? Kenapa menggunakan expired domains? Apa keunggulan backlink dari PBN?

Sejumlah pertanyaan seperti ini banyak saya temukan termasuk dari diri saya sendiri ketika pertama kali mendengar kata PBN.

Sebelumnya saya minta maaf kalau saya belum berbagi tentang cara mencari expired domains yang memiliki backlink dari situs authoritative seperti yang saya janjikan pada postingan sebelumnya.

Harap dimaklumi karena kesibukan saya dengan urusan kantor jadi belum sempat membuatnya sehingga saya memutuskan untuk membuat postingan ini yang jauh lebih mudah dan cepat yang dapat saya kerjakan. 😉

Ok langsung ke topik, jika Anda sudah membaca dua postingan saya sebelumnya tentang Cara membuat Private Blog Network Sendiri dan Cara Mencari Expired Domains Untuk PBN, saya yakin Anda pastinya sudah mulai tahu dan mengerti apa itu private blog network dan kenapa menggunakan expired domains?

Namun saya ingin menjelaskan lagi lebih rinci.

Bahasan pada artikel ini adalah :

  1. Apa yang dimaksud private blog network?
  2. Kenapa menggunakan expired domains?
  3. Apa keunggulan backlink dari PBN?
  4. Apa bedanya blog network yang menggunakan expired domains dengan web 2.0 seperti wordpress, blogspot, dll?

Pertama : Apa itu PBN / Private Blog Network?

apa itu private blog network

PBN / private blog network merupakan sekumpulan blog pribadi atau khusus dan rahasia dengan authority tinggi yang dibuat oleh praktisi SEO untuk mendongkrak SERP situs utama melalui backlink yang ditanam pada masing-masing blog tersebut.

Mengapa saya katakan rahasia?

Karena pada umumnya para pakar SEO yang membuat PBN selalu menyetel / setting agar blog network tersebut tidak diketahui kompetitor maupun dari tim webspam search engine!

Selain itu juga agar jaringan blog yang ada tetap aman dan tidak dibanjiri para spammer yang mencari backlink tanpa etika.

Penyetelan private blog network agar rahasia bukan hanya agar backlink berkualitas kita tidak diketahui kompetior, tetapi juga agar tidak diketahui oleh pengunjung bahwa itu adalah sebuah pbn.

  • Penampakan pbn dari Steve Rendell : Thehomebusinessbuilder.com (saya meminta langsung kepada Steve). Memang contoh dari Steve ini kalau saya lihat masih setengah jadi.
  • Penampakan pbn dari Matthew Woodward : www.moneyshop168.com (bisa anda lihat di http://agency.matthewwoodward.co.uk/services/private-blog-networks/)

Contoh diatas adalah sample yang diberikan para pakar SEO tersebut secara gratis, oleh karena itu saya berani mempostingnya disini.

Sample yang diberikan oleh Matthew Woodward memang sangat bagus sekali, siapa yang sangka bahwa situs “perusahaan keuangan” tersebut adalah private blog network.

Kedua : Kenapa menggunakan delete / expired domains?

why build pbn using expired domains

Expired domains adalah domain bekas yang sudah tidak digunakan / tidak diperpanjang kepemilikannya oleh pemilik sebelumnya.

Domain bekas ini masih memiliki kekuatan (authority) yang tersimpan dari hasil optimasi pemilik sebelumnya.

Entah itu kekuatan yang baik maupun yang buruk, tergantung bagaimana pemilik sebelumnya memperlakukan domains tersebut. Itulah pentingnya mendapatkan expired domains yang berkualitas.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mendapatkan backlinks dari situs berotoritas tinggi adalah hal yang paling diburu oleh semua praktisi SEO.

Untuk mendapatkannya pun tidak mudah, karena biasanya situs yang memiliki authority tinggi menerapkan penyaringan yang sangat ketat terhadap link keluar dari situs mereka.

Itulah salah satu alasan pakar SEO yang membuat PBN, yaitu untuk mendapatkan link berotoritas tinggi dengan mudah.

Kekuatan / authority yang masih tersimpan pada delete / expired domains inilah yang dimanfaatkan para pakar SEO untuk mendongkrak SERP situs utamanya. Namun tidak hanya sampai disitu, sekarang bagaimana cara menyalurkan / mentransfer authority yang terdapat di expired domains ke situs utama kita?

Setahu saya ada dua cara, entahlah kalau ada cara lain, maklum saya belum menjadi pakar SEO dan masih belajar hehehe..

Cara tersebut adalah :

  1. 301 redirect.
  2. Private blog network.

Cara pertama, 301 redirect adalah cara paling maksimal untuk menyalurkan seluruh authority dari expired domains atau suatu domain (salah satu sumber : MOZ), tetapi di masa kini search engine sangat berhati-hati dan mengamati secara detail hal ini.

Pasalnya teknik ini banyak digunakan para spammer untuk menaikkan SERP situs mereka dengan instan. Jadi bagi saya teknik ini sangat-sangat beresiko tinggi!

Cara kedua adalah menjadikan expired domains tersebut menjadi sebuah situs / blog yang memiliki niche yang sama dengan situs utama kita. Inilah yang disebut private blog network.

Ketiga : Apa keunggulan backlink dari PBN?

Keunggulan backlink dari jaringan blog yang dibangun dari expired domains adalah

  • Backlink memiliki otoritas tinggi.
    Search engine results page (SERP) naik lebih cepat dan bertambahnya authority situs utama.
  • Kita dapat mengontrol backlink.
    Kita tidak perlu takut link kita dihapus webmaster seperti pada blog komen ataupun blog kita dihapus oleh sang empunya misal blogger, wordpress, dll.
  • OBL / Outbond Link / Link keluar rendah.
    Semakin banyak link keluar dari suatu situs maka semakin berkurang authoritynya.
Keempat : Apa bedanya membuat blog network menggunakan expired domains dibandingkan dengan menggunakan web 2.0?

Menurut saya pribadi perbedaannya sangat mencolok dan jauh, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Untuk kelebihan private blog network menggunakan expired domains sudah saya paparkan diatas, tapi saya akan ulang :

  1. Blog yang dibangun menggunakan domain bekas berkualitas sudah langsung memiliki authority.
  2. Segalanya kita yang mengontrol termasuk privacynya. Sehingga kompetitor tidak mengetahui link authority tinggi yang kita miliki.
  3. Tidak ada OBL ke situs lain kecuali yang sudah kita tentukan.

Kekurangannya :

  1. Memerlukan biaya, biasanya ini yang jadi salah satu kendala seseorang. Saya memaklumi karena tidak semua orang memiliki budget besar. Tetapi jika Anda cerdik maka Anda bisa membuat private blog network dengan expired domains dengan biaya murah.
  2. Harus bisa mencari domain yang berkualitas, salah mendapatkan expired domains maka dampak buruklah yang bisa terjadi pada situs kita dan sia-sia pekerjaan kita.
  3. Harus mengerti sedikit dasar pembuatan website, hosting, CMS.

expired domains vs web 2.0

Kelebihan PBN menggunakan web 2.0 :

  1. Tidak memerlukan biaya sebesar membuat private blog network dengan expired domains.
  2. Tidak perlu repot mencari domain.
  3. Mudah dalam penyetelan.

Kekurangannya :

  1. Subdomain dari web 2.0 yang kita buat tidak langsung memiliki authority, sekalipun root domain memiliki authority tinggi namun memerlukan waktu untuk “tertular”.
  2. Kita tidak dapat menyetel privacy, kompetitor dapat mengetahui seluruh backlink kita.
  3. Tidak sepenuhnya memegang kendali seperti,
    blog dihapus, beberapa web 2.0 menghasilkan link yang nofollow / redirect (sehingga tidak seluruh authoritynya sampai ke situs kita), belum lagi ada web 2.0 yang memasang iklan, belum tentu terindex di google karena webmaster web 2.0 tersebut menyetting robot.txt pada blog kita (biasanya web 2.0 seperti ini akan merubah robot.txtnya agar blog terindex apabila kita bayar / berlangganan).

Itulah yang saat ini terpikirkan oleh saya saat ini, namun bukan berarti blog network dari web 2.0 tidak berguna dan tidak dibutuhkan. Saya pribadi tetap membuatnya.

Poin utama yang saya ambil dari PBN menggunakan expired domains adalah authority nya, yang bisa membuat SERP situs kita naik lebih cepat serta tidak perlu membangun link “link building” bertingkat (Tier 1,2 dan 3).

Karena dengan membuat private blog network menggunakan expired domains yang memiliki profile backlink yang bagus, sebenarnya kita sudah seperti membuat bangunan link / link building tier 1 dan 2.

Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca artikel saya ini.

Saya mengharapkan feedback dari Anda mengenai artikel ini agar kita sama-sama saling melengkapi demi kemajuan bersama dan semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Lanjut ngopi Gan.. 😉

Sukses Selalu Untuk Kita Semua 😉

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *